Thursday, August 23, 2018

Video dalam Multimedia

1 comments

Video dalam Multimedia- Dalam artikel ini membahas tentang video dalam multimedia. Ada beberapa yang menjadi pokok pembahasan:
  • Pengertian Video
  • Macam-macam Video
  • Kelebihan dan Kelemahan Video
  • Penyajian Video
  • Format Video
  • Jenis Video
Silahkan baca dan simak materinya di bawah ini. Selamat membaca teman-teman.

Video dalam Multimedia

  • Pengertian Video

Video berasal dari bahasa latin yaitu dari kata vidi atau visum yang artinya melihat atau mempunyai daya penglihatan. Video adalah teknologi pengiriman sinyal eletronik dari suatu gambar bergerak. Video adalah teknologi penangkapan, perekaman, pengolahan, penyimpanan, pemindahan, dan perekonstruksian urutan gambar diam dengan menyajikan adegan-adegan dalam gerak secara elektronik.
Agnew dan Kellerman (1996) mendefinisikan video sebagai media digital yang menunjukkan susunan atau urutan gambar-gambar dan memberikan ilusi, gambaran serta fantasi pada gambar yang bergerak.

Baca Juga: Audio dalam Multimedia

  • Macam-Macam Video

1. LIVE VIDEO FEED
Live video feed menyediakan objek-objek link multimedia yang menarik dan diambil dalam waktu yang nyata (real-time) dan sama. Contohnya pertandingan sepak bola secara langsung.

2. VIDEOTAPE
Videotape sifatnya linier. Informasi tersimpan dalam pita gulungan, dan untuk mengaksesnya harus menunggu karena harus mempercepat (fast-forward) atau menggulung balik (rewind), untuk sampai pada spot yang dinginkan. Videotape player tidak dikontrol lewat komputer. Untuk itu ketika menggunakan videotape dalam presentasi multimedia harus menekan tombol play, stop, fast-forward, atau rewind secara manual.

3. VIDEODISC
Format videodisc yaitu CAV dan CLV. Disc dengan format CAV dapat menyimpan data hingga 54.000 still frame atau setara dengan 30 menit motion video dengan stereo sound track. Disc dengan format CLV dapat menyimpan hingga satu jam video pada tiap sisi disc dan mempunyai putaran yang cepat, yang berarti dua kali kemampuan CAV disc. Karena videodisc memiliki random access sangat cepat dan hanya menempati sedikit saja sumber daya komputer multimedia, maka videodisc menjadi salah satu sarana terpopuler untuk menyediakan video bagi berbagai aplikasi multimedia Tetapi popularitas videodisc telah pudar dengan munculnya digital video dan DVD.

Baca Juga: Konsep teks dalam multimedia

4. DIGITAL VIDEO
Digital video merupakan medium penyimpanan video yang digunakan pada rangkaian komputer. video dengan layar/skrin penuh tanpa bantuan alat lainnya. Kualitas film lebih baik. Digital Video mempunyai dua format yaitu MiniDV dan Digital8, keduanya menggunakan DV codec (format DVCAM, DVCPRO ).

5. Hypervideo
Hypervideo mempunyai soundtrack dan dapat dimainkan berulang kali. Video bisa dimainkan secara bersama dengan penyajian multimedia. Ketika video digunakan untuk memicu objek-objek multimedia, ia dinamakan hypervideo. Hypervideo memungkinkan pembaca untuk mengklik pada sebuah video dalam satu dokumen dan mengambil informasi dari dokumen lain, atau dari tempat lain dalam dokumen yang sama.

  • Kelebihan Video

1. Menjelaskan keadaan riel dari suatu proses, fenomena, atau kejadian
2. Sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya penyajian/penjelasan
3. Pengguna dapat melakukan pengulangan (replay)pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus
4. Sangat cocok untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor
5. Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan pesan dibandingkan media text
6. Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (missal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

Baca Juga: Citra dalam Multimedia

  • Kelemahan Video

1. Video mungkin saja tidak detil dalam penjelasan materi karena audience  harus mampu mengingat detil dari scene ke scene.
2. Umumnya pengguna menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan melalui text sehingga pengguna kurang terdorong untuk lebih aktif di dalam berinteraksi dengan materi.

  • Penyajian Video

1. Video Analog
Video analog adalah video yang disimpan dalam bukan komputer seperti bentuk video televisi, video tape dan film. Sinyal analog adalah suatu bentuk dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elektromagnetik, yang bersifat variabel, berkelanjutan, dan besarannya berubah dalam waktu dan dalam ruang, yang mempunyai semua nilai untuk setiap nilai waktu (dan atau setiap nilai ruang) Gambar tidak jelas, warna kurang terang, kualitas atau mutu gambar kurang baik apabila sering digunakan atau disimpan dalam jangka waktu yang lama.

2. Video Digital
Video digital merupakan medium penyimpanan video yang digunakan pada rangkaian computer. Gambar dan suara digital direkam dalam pita magnetik, tetapi menggunakan sinyal digital berupa kombinasi angka 0 dan 1. Kualitas gambar tetap dan tahan lama serta tidak mempunyai banyak masalah walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama.
Kualitas video dipengaruhi oleh, Frame Rate, ukuran gambar, kedalaman warna

  • Format Video

1. AVI (Audio Video Interleave)
2. MPEG (Moving Picture Experts Group)
3. WMV (Windows Media Video)
4. DiVX à MP3
5. MP4
6. Quicktime
7. 3GP
8. Flash Video (FLV)

  • Jenis Video

1. VIDEO STREAMING
Video adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai penerima gambar dan suara.
Streaming adalah proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya. Video streaming adalah salah satu cara untuk mengetahui informasi atau berita secara audio maupun visual dari seluruh dunia melalui internet. Kegunaan video streaming yaitu untuk teleconference. Banyak file bisa distreamingkan, file audio, video, image, text, data 3D, software, dan sebagainya.

Baca Juga: Multimedia: Defenisi, Sejarah, Jenis, Komponen, Software, Karir

Adapun yang membuat lambatnya video streaming adalah kecepatan waktu yang dibutuhkan untuk video buffer yang akan memungkinkan lebih banyak waktu daripada menonton video itu sendiri.
Cara kerja video streaming: 
Data berupa audio atau viceo masukkan ke dalam buffer/memori komputer kemudian di encode lalu di stream ke user yang ingin melihat data tersebut kemudian di decode barulah data berupa audio atau video bisa ditampilkan.
Istilah: Media Streaming, buffering, buffer, bandwidth, broadcast, video digital.

2. VIDEO CONFERENCE
Video adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai penerima gambar dan suara, sedangkan conference adalah diskusi antar pengguna teknologi informasi melalui perangkat multimedia. Video conference adalah penggunaan komputer jaringan yang memungkinkan penggunanya melakukan interaksi berupa gambar dan suara. Video conferencing atau konferensi video adalah teknologi komunikasi yang mengintegrasikan video dan audio untuk menghubungkan pengguna di mana saja di dunia ini seolah-olah berada di ruang yang sama. Komponen Video conference biasanya harus memiliki komputer, kamera, mikrofon, layar video dan sistem suara, internet atau satelit
Kelebihan :
  • Pengguna dapat melihat dan mendengar satu sama lain secara real time
  • Komunikasi menjadi lebih baik.
  • Informasi lebih dimengerti dan saling berbagi.
  • Aliran informasi lebih baik.
  • Bahasa tubuh, ekspresi wajah, sikap dan nada suara dapat mengungkapkan segalanya.
  • Perangkat kolaborasi dapat digunakan secara simultan
  • Berbagi presentasi, dokumen dan aplikasi yang berkaitan dengan agenda meeting atau pertemuan.
Aspek dalam video conference:
  • Simplicity dan User Friendly
  • Keamanan dan Enkripsi
  • Quality
  • Value
  • High Availibility
  • Performance
  • Scalability
  • Easy to Manage
3. TELECONFERENCE
Teleconference adalah penggunaan video/teknologi suara dan komputer yang memungkinkan orang pada lokasi yang berjauhan untuk saling melihat, mendengar, dan berbicara satu sama lain. Teleconference merupakan pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telepon atau koneksi jaringan, dan lokasi fisik orang tersebut berada ditempat yang berbeda.


Demikian artikel mengenai materi konsep teks dalam multimedia yang saya buat ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Bila anda berkenan, jangan lupa beri komentar di bawah mengenai kesan dan pesan anda menganai artikel atau blog saya ini. Komentar anda sanggat membantu saya dalam proses perkembangan blog atau artikel saya selanjutnya. 
Jangan lupa juga untuk share ke sosial media anda, agar teman-teman dan saudara anda juga bisa membacanya. Bila anda tidak ingin ketinggalan materi terbaru dari blog ini, jangan lupa berlangganan ya. Terima kasih.



1 comment: