Friday, September 14, 2018

Profesi Bidang Multimedia

14 comments
Profesi Bidang Multimedia
Multimedia adalah salah satu mata kuliah terpenting dalam fakultas teknik prodi informatika. Bidang multimedia memiliki prospek pekerjaan yang cukup baik dari segi penghasilan, waktu, dan tenang. Secara umum kita tahu bahwa multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Semua komponen yang di yang tuliskan di pengertian tersebut di bahas satu per satu dalam mata kuliah multimedia. Bukan hanya di kuliah-an saja bidang multimedia ini dipelajari tapi sebelum masuk kuliah pun sudah dipelajari seperti ketika masih berada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan bidang yang kamu ambil di SMK tersebut adalah Multimedia.

Pekerjaan yang bisa didapatkan setelah lulus belajar di bidang multimedia yaitu:

Script writer

Scriptwriter adalah seorang penulis naskah/penulis skenario.Penulis yang memiliki kemampuan dalam penulisan skenario, bertugas menulis skenario di media massa seperti film,acara televisi,komik atau permainan video.

Ilustratro

Ilustrator merupakan salah satu pekerjaan bidang multimedia yang menyediakan jasa gambar ilustrasi pada media koran, majalah, buku, website, biro periklanan, pembuat storyboard pada film, dan lain-lain.

Graphic Designer

Desainer merupakan pekerjaan yang membuat segala sesuatu yang berada di bidang multimedia menjadi lebih indah dan cantik untuk dilihat agar orang yang melihat suatu karya yang diciptakan menggunakan multimedia tertarik dan tidak bosan melihatnya. Seorang desainer grafis adalah seorang profesional di bidang desain grafis dan industri seni grafis yang mengumpulkan gambar, tipografi, atau grafik gerak untuk membuat desain. Perancang grafis menciptakan grafik terutama untuk media cetak, media cetak atau elektronik, seperti brosur (terkadang) dan periklanan.

Komikus

Komik dan ilustrasi memiliki hubungan yang cukup erat, dimana ilustrasi lebih banyak menggambarkan sebuah kejadian tertentu saja dan hanya berdiri sebagai gambar pelengkap sedangkan komik bisa berdiri sendiri dan biasanya dapat memuat cerita yang lebih kompleks.

Motion Designer Graphic

Desain grafis gerak adalah bagian dari desain grafis karena menggunakan prinsip desain grafis dalam konteks pembuatan film atau video produksi (atau media visual temporal lainnya) melalui penggunaan teknik animasi atau film.

Animator

Animator merupakan pekerjaan yang dimana gambar yang digunakannya adalah gambar animasi yang bisa bergerak biasanya berbentuk dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D) dan diaplikasikan di tv, media online video seperti youtube, dan di bioskop. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film,televisi,video game dan internet.

Creative Director

Direktur kreatif adalah lead kreatif di perusahaan periklanan dan pemasaran, bekerja sama dengan perancang, seniman, copywriter, tim penjualan dan pemasar untuk menciptakan visi untuk produk yang dijual. Direktur kreatif merencanakan periklanan, mengawasi proses kreatif dan memberikan panduan kepada orang-orang kreatif yang bekerja di bawah mereka.

Fotografi

Fotografer (photographer) atau juru foto adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya.

Menjadi fotografer menjadi salah satu contoh membisniskan hobi. fotografer menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan, dan gambarnya akan dijual untuk cover majalah,cover calender,artikel. Seorang fotografer juga bisa membuat dokumentasi pernikahan, dokumentasi pesta, fotografi jurnalistik, membuat foto produk, foto model, dan lain sebagainya.

Industri Kreatif Lainnya

Selain pekerjaan yang saya sebutkan di atas teman-teman, masih banyak peluang usaha yang bisa kamu dapatkan dalam bidang multimedia. Ada pepatah mengatakan kalau "usaha tidak akan pernah menghianati hasil". So, perjuangkanlah itu maka kamu akan mendapatkannya. Ada satu pepatah lagi mengatakan bahwa "Bermimpilah setinggi langit gagalpun kamu, kamu akan jatuh diantara bintang-bintang". Jangan pernah menyerah untuk segala sesuatu yang ingin kita raih.

Jadi teman-teman, jika kamu menekuni bidang ini "Multimedia" mungkin kamu akan mendapatkan salah satu pekerjaan yang saya uraikan di atas.


Referensi artikel dari http://caturdiahcantika.blogspot.com/2017/05/profesi-di-bidang-multimedia.html dan https://webpelajar.com/usaha-lulusan-multimedia/
Referensi gambar dari https://unsplash.com/

14 comments:

  1. Saya paling demen Graphic Designer lebih menunjang aja untuk pekerjaan, menurut pandangan saya sih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus juga itu gan. Profesi yang bisa kita dapatkan disitu banyak cabangnya juga. Jadi, tetap tekuni dan selalu kerja keras pasti kita akan memperoleh pekerjaan itu.

      Delete
  2. kalo bisa dibilang ini kerjaan yg mengasyikkan. hobi yg dibayarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti gan 😂. Menekuni hobby yg dibayarkan kan enak gan.

      Delete
  3. Bisa dibilang profesi yg butuh keahlian itu, dan modal yang relatif besar juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya itu gan, sejak dini harus sudah dipelajari sedikit demi sedikit agar kedepannya bisa lebih baik. Ada pepatah mengatakan, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Jadi, tetap semangat dan terus berusaha ya teman2.

      Delete
  4. Profesi yang apa aja ga masalah asal hoby, pasti seneng ngejalaninnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti gan, untuk nambah2 penghasilan gan mungkin perlu pekerjaan tambahan juga :D

      Delete
  5. Banyak juga ya profesi multimedia. Seharusnya saya memilih jurusan multimedia saat saya sekolah smk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. tetap semangat aja gan apapun yang sedang kita lakukan atau kita kerjakan sekarang itu adalah berkah dari tuhan gan. Keep strong and keep spirit brother.

      Delete
  6. Dijaman sekarang ini kita dituntut untuk multi talenta.. Salah satunya di bidang multimedia.. Bisa desain grafis pastinya tak lepas dari editing foto dan vektor.. Bisa editing video pastinya tak lepas dr shooting, shot, scene maupun sequence..

    Yg awal nya dari hobby bisa menjadi profesi. .. (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya gan, oleh karena itu kita harus tetap belajar. Dimana pun atau kapan pun, usahakan bisa belajar untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita.

      Delete
  7. Mantap ces artikelnya, bisa nambah pebgetahuan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ces, jangan lupa subscribe ya ces biar tidak ketinggalan materi baru.

      Delete