Iniblogmateri.blogspot.com – Belajar
multimedia bukan hanya tahu tentang defenisi dari multimedia itu sendiri. Akan
tetapi, belajar multimedia harus lah mengetahui jenis-jenis dan komponennya
juga. Karena multimedia bukan hanya terdiri dari satu jenis namun multimedia memiliki
beberapa jenis.
Multimedia juga memiliki
beberapa komponen yang menjadi dasar terbentuk dan berkembangnya multimedia.
Meraka yang belum belajar multimedia sering beranggapan bahwa multimedia itu
hanya terdiri dari satu jenis yaitu sesuatu yang dapat mereka tonton, baca dan
mereka dengar. Akan tetapi, bila kamu belajar multimedia kamu akan
menemukan pemahaman yang lebih luas dari itu.
- Jenis Multimedia
Multimedia linier adalah
suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan)
contohnya: TV dan film.
Multimedia interaktif adalah
suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan
oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk
proses selanjutnya. Contoh : multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game,
dll.
- Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn,
Multimedia terbagi dalam beberapa element - element multimedia. Element atau
komponen multimedia itu terdiri dari:
- Teks
Bentuk multimedia yang
paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata,
surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks
bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
Teks merupakan dasar dari
pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Teks berperan penting
dalam proyek multimedia, untuk mengkaji dan menyampaikan informasi kepada
audiens dengan cepat.
Keunikan teks bergantung
pada font yang digunakan. Font adalah suatu koleksi representasi grafis dari
suatu karakter-karakter huruf maupun angka. Suatu koleksi font-font yang
memiliki kesamaan disebut Typeface.
Suatu font memiliki ukuran
dan gaya tertentu. Karakteristik font terdiri dari ukuran font, Kumpulan (set)
dan Berat (weight).
- Image (gambar)
Alasan untuk menggunakan
gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik
perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat
meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih
berguna.
Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih. Citra adalah suatu representasi pictorial dimensi-n dari suatu layar e.g. fotografi, gambar, lukisan, seni rupa, ilustrasi dan lainnya.
Kebanyakan citra menggambarkan bagaimana suatu objek terlihat sebagai suatu fungsi cahaya yang dipantulkan oleh objek tersebut. Citra digambarkan dari suatu lebaran spektrum elektromagnetik.
- Audio/Suara
PC multimedia tanpa bunyi
hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam
multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis,
dapat membeli ataupun menciptakan sendiri. Suara dihasilkan ketika suatu objek
bergetar. Getaran tersebut menghasilkan gelombang suara.
Jadi, suara adalah gelombang
yang dihasilkan dari suatu objek yang bergetar. Ketika gelombang suara sampai
ke telinga kita, kemudian dikonversikan ke dalam sinyal-sinyal yang
diterjemahkan oleh otak kita.
Contohnya adalah nada, suara berhubungan erat dengan rasa “mendengar”. Suara biasanya merambat melalui udara, air dan suara tidak bisa merambat melalui ruang hampa.
- Video
Video menyediakan sumber
daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Video adalah teknologi
pengiriman sinyal eletronik dari suatu gambar bergerak. Video adalah
teknologi penangkapan, perekaman, pengolahan, penyimpanan, pemindahan, dan
perekonstruksian urutan gambar diam dengan menyajikan adegan-adegan dalam gerak
secara elektronik.
Agnew dan
Kellerman (1996) mendefinisikan video sebagai media digital yang
menunjukkan susunan atau urutan gambar-gambar dan memberikan ilusi, gambaran
serta fantasi pada gambar yang bergerak.
- Animasi
Dalam multimedia, animasi
merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer. Animasi
adalah penggambaran secara cepat dari gambar dua dimensi untuk menciptakan
pandangan bergerak. Animasi bisa kita temukan di film, iklan, dan sebagainya.
animasi menciptakan pandangan bergerak untuk mata kita.
- Virtual Reality (Interaktif)
Virtual reality merupakan
penggunaan multimedia untuk penerapan secara
langsung. Virtual reality menggunakan unsur multimedia yaitu
suara, gambar, dan animasi. Cara menggunakannya adalah dengan menaruh alat di
sekitar kepala dengan layar di depan mata kita. Setelah memakai alat itu,
kita bisa merasakan atmosfer permainan secara langsung atau reality.
Nice.. penjelasannya lumanyan bagus, semangat
ReplyDeleteMakasih bro, jangan lupa berlangganan ya.
Delete